Langsung ke konten utama

Postingan

Featured post

Kreatif Design Asal

Desain adalah seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang melibatkan penataan garis, bentuk, ukuran, warna, dan nilai suatu objek berdasarkan prinsip-prinsip tertentu. Nih saya wong nga jelas membuat beberapa design yang asal-asalan yang penting mah upload aja lah: Design One Day Ful Color 1 Design One Day Ful Color 2  Jadi gimana guys... Jenis design yang saya buat dengan menggunakan app Corel draw , font dengan paduan warna yang asal-asalan ini, keren, menawan dan tentunya sangat memanjakan mata saat dipandang dengan menggunakan sedopan.. 

Cara Buat Analisis Perbutir Soal

💁 Aplikasi Rekap analisis , baik hasil ulangan harian, ulangan tengah semester, penilaian akhir semeser (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT). Dengan adanya Aplikasi analisis , Guru tidak harus menganalisa ulangan harian dengan cara manual , serta harus menganalisa hasil jawaban siswa setiap nomor yang diujikan. gambar dibawah ini adalah contoh hasil dari aplikasinya. Aplikasi database ini dibuat semudah mungkin agar bisa digunakan dan bermanfaat bagi NUSA DAN BANGSA . Aplikasi ini di buat khusus untuk yang punya tugas mengolah nilai ujian atau yang sejenisnya lah... Inilah bentuk penampak menu utama  Aplikasi dibuat hanya menggunakan Microsoft Access 2010. Data yang dibutuhkan untuk proses pembuatan Hasil dan Rekap Analisisnya, sudah dilampirkan didalam master aplikasinya dalam bentuk Ms excel. ketiga file data master tersebut sudah ada didalam satu folder aplikasi databasenya, jika anda berkenan mendowloadnya saya lampirkan link downloadnya DISINI Didalam datab

Aplikasi Rekap Analisis

💁 Berbagi Lebih Bermakna Karena Cuman ini yang bisa saya bagikan,  Aplikasi database ini dibuat semudah mungkin agar bisa digunakan dan bermanfaat bagi yang lagi mencari tahu atau yang lagi kesasar ke blog nya WONG GAPTEX . Database ini di buat khusus untuk yang biasa mengolah nilai ujian atau yang sejenisnya lah... dari pada sedikit ilmu yang saya punya hilang tanpa jejak lebih baik saya posting diblog yang notaben pengujungnya tak terhitung....!!! Tampilan gambar dibawah sana sebagai contoh akhir dari proses database aplikasinya dengan judul pada KOP  REKAP ANALISIS UJIAN .  File yang dibutuhkan untuk pembuatan Rekap Analisis Ujian seperti gambar dibawah sana,  hanya membutuhkan 3 (tiga) file dalam bentuk Microsoft excel 2010 TKunci.xls Datasiswa.xls InputJawaban.xls  Ketiga file tersebut sudah ada didalam satu folder aplikasi databasenya, jika anda berkenan mendowloadnya saya lampirkan link downloadnya klik DISINI. Database pada Aplikasi ini disusun hany

Cara Menambahkan Audio ke Slide

💁 V ideo ke P resentasi P ower P oint 💢. Wong Ndeso lagi belajar Nulis DiBLOG. Kali ini menuturkan tatacara penggunaan microsoft office PowerPoint 2010. Cara mudah Menambahkan video di slide presentasi pada power point. Untuk memasang video pada slide presentasi power point , Buka Tab Insert > klik Video from file seperti gambar dibawah ini. 💢. Maka akan dibawa pada menu pencarian file yang akan dipasang untuk slide Presentasi, dalam manual ini file video tersebut diletak pada drive C/Mydocument/Video > Pilih video dan klik tombol Insert. 💢. File video untuk bawaan microsoftnya berextensi wmv, Jika ingin menggunakan format video MPG, Laptop/PC yang dipakai untuk prsentasi harus diinstal software yang mendukung file pada videonya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk mengatur setingin videonya klik tab menu Playback. ¤ Penjelasan menu pilihan pada format video.     ¤ Pilihan otomatis : Video berputar secara otomatis pada saat presenta

Cara Buat efek Slide PowerPoint

💆... Mengatur Transisi Slide Presentasi Memutar efek presentasi transisi (transitions) atau bahasa ndeso..! nya pergantian dari slide ke slide selanjutya.  buka tab Transitions pada bagian ribbon, dan terapkan transisi. Di sisi kanan ribbon, klik drop-down untuk Menentukan Transitions , dan pilih salah satu dari list yang tersedia. Seperti gambar dibawah. Untuk m emberikan transisi ( Transitions) pada slide presentasi. 

Cara Mengubah Tampilan Slide

¤. Membuat Backgroud/Tampilan Slide Presentasi pada PowerPoint. Software buatan microsoft yang satu ini dipergunakan oleh kalang perkantoran yang fungsinya menampilkan seluruh kegiatan rapat atau mempromosikan produk untuk memprsentasikan segala rutinitas yang sangat simpel. Agar tampilan slide presentasi dilihat lebih menarik oleh peserta seminar atau pada saat rapat ada baiknya mengubah tampilan backgroud pada slide. Gambar dibawah ini adalah tampilan slide pertama kali membuka softwarenya. ¤ Untuk mempercantik tampilan slide presentasi pada backgroud, pada sofware microsoft ini sudah diseediakan tampilan yang menarik dan cara menggantinya pun sangat mudah.  ¤ Buka tab design > klik drop-down pada sisi kanan ribbon atau bahasa ndesonya dorongan atas-bawah, seperti pada gambar yang ditandai panah, untuk menampil seluruh tampilan backgroud bawaan dari microsoftnya. ¤ Inilah tampilan backgroud slide yang bisa dipilih sesuai selera.  ¤ Pilih dan klik backgroud ses

Cara buat rumus pilihan ganda di excel

💂 KontenPos kali ini saya akan memberikan  pengetahuannya tentang proses pembuat rumus mencari nilai benar, salah dan kosong pada

Cara Menyamakan Nama Di Excel

Rumus sederhana untuk mengetahui data yang sama pada tabel. Perhatikan gambar dibawah ini di Kolom D, E dan F yang menampilkan data yang sudah diberikan rumus dengan keterangan yang sudah kita tentukan. 1. Proses pembuat untuk mengetahui id atau nomor untuk setiap nama yang berada pada tabel seperti contoh pada gambar diatas. rumus yang digunakan tersebut menggunakan rumus yang diawali =IF(B2=B3,"Yes","TIDAK"). Penjelasan rumus: jika tidak menemukan Id (nomor) yang tidak valid maka kolom Row B2 dan B3 akan tampil kalimat "Tidak" namun jika data  pada Kolom Row B2 dan B3 menemukan data yang valid, maka data pada Row B2 dan B3 akan menampilkan kalimat "yes". 2. Pembuatan rumus pada kolom C yang berisikan nama. Perhatian gambar dibawah yang diberi tanda panah pada kolom C untuk perumusnya masih sama seperti contoh diatas, tinggal di copy saja dari B2 dan sesuaikan dengan kolom, sebagai contoh seperti ini =IF(C3=C4,"Yes","TIDAK&quo

Cara Mengkoneksikan data di Microsoft Office Excel

💂 Berbagi Pengalaman..Cara Sederhana menggabungkan data dari sheet ke sheet pada microsoft excel dan untuk microsoft access dari tabel ke tabel pada database. Tutorial yang akan saya bahas terlebih dahulu microsoft excel, Contoh saya mempunyai data pada microsoft excel yang berisikan sheet pertama Nilai Gabung sheet kedua data peserta, sheet 3,4,5 dan 6 yang berisikan nilai siswa dan kode ujian. Dimana pada sheet pertama pada kolom masih belum terisi, seperti pada gambar dibawah.  Gambar di bawah ini contoh yang sudah terkoneksi antar sheet dengan menggunakan fungsi yang diawali IFERROR dan VLOOKUP. Untuk menggunakan fungsi tersebut diwajibkan data yang berada pada sheet mempunyai nomor identitas berbeda untuk setiap peserta, yang kegunaannya untuk menghubungkan antar data sheet ke sheet. Ini lah fungsi yang digunakan pada gambar diatas tersebut yang saya lingkari kotak hitam dengan ditandai huruf D =IFERROR(VLOOKUP(B3,'Data Peserta'!$B$2:$E$1404,3,0),"Cek Sis

Mengubah Huruf Kecil Ke Besar Microsoft Office

💂Ask.....Bagi yang terbiasa menggunakan lembar kerja pada microsoft word dan power point untuk mengubah huruf kecil atau sebaliknya, anda tinggal mencari pada menu yang di sediakan pada toolbar microsoft office word atau power point. Namun berbeda jika anda menggunakan lembar kerja pada microsoft excel dan access, diperlukan function atau rumus untuk merubah huruf (change case) sebagai berikut : Microsoft Excel LOWER : Untuk mengubah semua huruf texs yang besar menjadi kecil. Contoh texs : ayam jantan berkokok UPPER : Untuk mengubah semua huruf texs yang kecil menjadi besar. Contoh texs : AYAM JANTAN BERKOKOK PROPPER : Untuk mengubah huruf hanya bagian texs depan menjadi besar dan yang lain menjadi kecil. Contoh texs : Ayam Jantan Berkokok Berikut ini contoh penggunaan rumus pada microsoft excel. Part 1: Contoh tabel pada gambar di bawah ini, cara penggunaan rumus =Upper(B2) mengubah huruf semua huruf kecil menjadi besar       Printscrem Penggunaan Rumus Upp