Langsung ke konten utama

Featured post

Kreatif Design Asal

Desain adalah seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang melibatkan penataan garis, bentuk, ukuran, warna, dan nilai suatu objek berdasarkan prinsip-prinsip tertentu. Nih saya wong nga jelas membuat beberapa design yang asal-asalan yang penting mah upload aja lah: Design One Day Ful Color 1 Design One Day Ful Color 2  Jadi gimana guys... Jenis design yang saya buat dengan menggunakan app Corel draw , font dengan paduan warna yang asal-asalan ini, keren, menawan dan tentunya sangat memanjakan mata saat dipandang dengan menggunakan sedopan.. 

Cara Buat Menu Input di Acces

💂Wong Gaptex ingin berbagi ...!!!
Tips! mudah membuat database di Microsoft Office Acces 2010. Isi dalam database ini adalah, modifikasi, penggabungan dari postingan yang sudah dibahas pada artikel yang sudah berlalu. saya pribadi Wong Ndeso membagikan database ini tujuannya hanya ingin berbagi dan memberikan informasi yang sedang mempelajari tentang tatacara pembuatan database/aplikasi yang berbasis Microsoft Office khususnya Acces 2010.

Jika ingin mendownload file master yang sudah jadi, klik link tautannya DISINI, untuk user dan password pada databasenya:
Login: 1  
Password : 1
Dan jika punya waktu yang cukup luang, anda juga bisa menyimak proses tahap demi tahap pembuatan databasenya yang meliputi form menu utama, tabel, query, macro, dan soucre code vba pada database tersebut. List tabel dalam database /aplikasi sebagai berikut ini :
⃟ Sub menu dibawah ini adalah yang berada pada database/aplikasi :
💢 Menu Input Nilai
💢 Menu Laporan / Report
💢 Menu Utama
💢 Menu Login
💢Progres Bar

# Printacreem tampilan menu utama dan input data nilai ujian persiswaannya.
# Menu Proses Nilai disediakan tombol Aksi untuk memproses nilai yang sudah diinput kedalam database untuk setiap permata pelajaran, form edit total perbidang studi yang muncul pada saat proses berjalan, dan bisa disesuaikan.
# Menu form Loading Yang.akan muncul pada saat memproses data.
# Message box atau kotak pesan saat data sudah selesai diproses.
# Form View Parameter, yang akan tampil pada saat prosesing berhasil dan disediakan menu combo box atau pilihan untuk mengambil data nilai tersebut dari program studi ke program studi.
# View Report , yang muncul pada saat tombol view dijalankan. menampilkan hasil nilai ujian yang sudah ditentukan total perbidang studinya.
# Report atau laporan yang bisa diexport dan disimpan. Untuk hasil exportnya bisa disimpan dalam bentuk excel, word, pdf dst...!!
# Inilah sekilas gambaran database/aplikasi jika dijalankan, dan database/aplikasi ini bisa diedit secara keseluruhan, sesuai dengan selera anda. Selanjutnya saya akan membahas tahap pembuatan database tersebut secara singkat dan padat.

Langkah Pertama : buatlah tabel didatabase microsoft access 2010, yang fungsinya untuk menampung data yang akan input, contoh gambar dibawah ini nama tabelnya "Dataunit" , dan aturlah Data Typenya seperti printscreem dibawah ini.
Gambar dibawah ini adalah view tabel InputUnit.

Langkah Kedua : Buatlah tabel didatabase dengan nama "JumlahPelajaran" dan untuk pengaturan pada Data Typenya bisa texs atau number. Yang fungsinya untuk from edit jumlah total perbidang studi.

Langkah ketiga : Buatlah tabel untuk yang berisikan user dan password, dalam tatacara ini saya membuat nama tabelnya "Puser" yang berfungsi untuk form login mengakses kedatabase. Isikan user dan passwordnya pada tabel tersebut.

Langkah keempat:  Buatlah tabel nilai permata pelajaran, yang berfungsi untuk menampung hasil yang sudah ditentukan untuk rumus penghitungannya. Untuk pengaturan Data Type menjadi texs, field max 255 dan khusus untuk field name idproses > indexs ubah menjadi (yes, No Duplikat). untuk nama tabelnya lihat pada gambar dibawah ini. Dan untuk tabel yang dibutuhkannya, buatlah seperti pada contoh yang sudah dijelaskan.

Langkah Kelima : Pembuat Append Query, Yang fungsi kegunaan pada database untuk memindahkan atau mengambil data berdasarkan kreteria yang dibutuhkan saja pada tabel tersebut, dengan menggunakan rumus yang sudah ditentukan. Perhatikan gambar dibawah ini yang ditandai dengan huruf . 
Penjelasan Huruf c :  append query berfungsi untuk memindahkan atau mengambil data pada tabel.
Penjelasan huruf d : Tabel yang menjadi sumber data untuk proses aksi append query saat dijalankan, dan diantara tabel tersebut tidak salin terjalin hubungan (berdiri sendiri). Untuk proses Lengkap tatacara pembuatan append query baca disini.
Penjelasan huruf e : kolom propertise fields yang berisikan texs ( bahasa indonesia ) yang fungsinya untuk memindahkan data berdasarkan creteria yang sudah ditentukan. Seperti contoh pada printscreem dibawah ini.
Penjelasan huruf f : kolom propertise yang berisikan rumus untuk penjumlahan , dimana jumlah total perbidang atudinya diambil dari tabel jumlahpelajaran untuk setiap permata pelajaran. isi rumus pada kolom propertise : Nilai: [JumlahBenar]*[JumlahPelajaran]![BIOLOGI]. Jika belum paham tentang pembuatan append query, bisa membaca pada postingannya DISINI

Langkah Keenam : Buat form menu utama,

Langkah ketujuh : Setelah tampilan menu utama, Ubahlah texsbox (matapelajaran dan Program studi ) menjadi combo box. Pilih Texs yang akan diubah ke combo box >> Klik kanan dengan mouse >> Change To >> Combo Box

Langkah Kedelapan : Membuat tombol yang nantinya akan berfungsi untuk aksi proses nilai permata pelajaran. Pilih command button >> drag dengan mouse letakkan pada form >> Ubahlah caption sesuai dengan kebutuhan.

Langkah kesembilan : Proses pembuat soucre code untuk input nilai, copy pastekan soucre code dibawah ini kedalam form utama.
Option Compare Database
Option Explicit

Private Sub Command27_Click()
Me.Refresh
End Sub

Private Sub Form_AfterUpdate()
Me.Refresh
End Sub
Private Sub cmdSIMPAN_Click()
Dim db As DAO.Database
Dim rst As DAO.Recordset
Dim WongText0NamaSiswa As String
Dim WongText1MataPelajaran As String
Dim WongText2JumlahBenar As String
Dim WongText3JumlahSalah As String
Dim WongText4JumlahKosong As String
Dim WongText5ProgramStudi As String
Dim WongText6TanggalUjian As String

WongText0NamaSiswa = ""
WongText1MataPelajaran = ""
WongText2JumlahBenar = ""
WongText3JumlahSalah = ""
WongText4JumlahKosong = ""
WongText5ProgramStudi = ""
WongText6TanggalUjian = ""
Set db = CurrentDb
Set rst = db.OpenRecordset("DataUnit", dbOpenDynaset)

 If Not IsNull(Text0) Then
 WongText0NamaSiswa = Text0
 WongText1MataPelajaran = Text1
 WongText2JumlahBenar = Text2
 WongText3JumlahSalah = Text3
 WongText4JumlahKosong = Text4
 WongText5ProgramStudi = Text5
 WongText6TanggalUjian = text6

 rst.AddNew
 rst!NamaSiswa = WongText0NamaSiswa
 rst!MataPelajaran = WongText1MataPelajaran
 rst!JumlahBenar = WongText2JumlahBenar
 rst!JumlahSalah = WongText3JumlahSalah
 rst!JumlahKosong = WongText4JumlahKosong
 rst!ProgramStudi = WongText5ProgramStudi
 rst!TanggalUjian = WongText6TanggalUjian
 rst.Update
 Me.Refresh
 MsgBox "Data berhasil disimpan.."
 Me.Text0.Value = Null
 Me.Text0.SetFocus
 rst.Close
 db.Close

 Else: MsgBox "Data tidak boleh kosong."
 End If
End Sub


Gambar dibawah tampilan soucre code form menu utama.
Langkah kesepuluh : Proses pembuatan form login, yang berfungsi dimana pada saat database/aplikasi dibuka maka akan diminta user dan password untuk menjalankan database/aplikasi tersebut.
Copy paste soucre code nya dibawah ini kedalam form login:
Option Compare Database
Private Sub cmdlogin_Click()
Dim db As Database
Dim rs As Recordset
Set db = CurrentDb()
Set rs = db.OpenRecordset("select * from puser where username ='" & txtuser & _
"' and  password ='" & txtpas & "'", dbOpenDynaset)
If rs.RecordCount > 0 Then
pesan = MsgBox("Menuju Ke Menu Utama", vbOKOnly, "Sukses")
DoCmd.Close acForm, "login", acSaveNo

DoCmd.OpenForm "Loading"
Else
pesan = MsgBox("Pasword salah broo..., coba lagi", vbOKOnly, "Gagal")
End If
End Sub


Perhatikan soucre code yang diblok dengan warna biru, nama form yang akan muncul pada saat login berhasil.

Langkah ke sebelas : Pembuat progres Bar, untuk kebutuhan saat berhasil login dan saat prosesing status pengkoreksian nilai.

Langkah Kedua belas : Proses pembuatan report atau laporan untuk mengambil laporan berdasarkan permata pelajaran dan perprogram studinya. Buatlah form seperti dibawah, peralatan yang ada pada form yang digunakan combo box dan command button, yang nantinya akan saling terhubung ketabel nilaipelajaran, query , dan report. Perhatikan gambar yang ditandai dengan angka.
Penjelasan angka 1 : Tabel yang berisikan Nilai Permata Pelajaran yang diambil dari proses append query NilaiPermataPelajaran.
Penjelasan angka 2 : Combo box yang berada pada form akan tampil pilihan program studi yang sumber data diambil dari tabel nilai permata pelajaran.
Penjelas angka 7 : Propertise sheet yang dihubungkan ke tabel nilai permata pelajaran.

Langkah kedua belas : copy pastekan soucre code vba dibawah ini kedalam form view report parameter :

 Option Compare Database

Private Sub cmdtoday_Click()
'Sets the Date From and Date To text boxes
'to Today's Date

    Me!txtdatefrom = Date
    Me!txtDateTo = Date

End Sub

Private Sub cmdweek_Click()
'Sets the Date From and Date To text boxes
'to show complete working week (Mon - Fri)
  
    Dim texs

    today = texs(Date)
  
    Me!txtdatefrom = DateAdd("d", (Text * -1) + 2, Date)
    Me!txtDateTo = DateAdd("d", 6 - Text, Date)

End Sub
Private Sub cmdReport_Click()
    On Error GoTo Err_cmdReport_Click

    Dim stDocName As String


    stDocName = "NilaiBIO"

  
'Check values are entered into Date From and Date To text boxes
'if so run report or cancel request

    If Len(Me.txtdatefrom & vbNullString) = 0 Or Len(Me.txtDateTo & vbNullString) = 0 Then
        MsgBox "Please ensure that a report date range is entered into the form", _
               vbInformation, "Required Data..."
        Exit Sub
    Else
        DoCmd.OpenReport stDocName, acPreview
    End If
Exit_cmdReport_Click:
    Exit Sub

Err_cmdReport_Click:
    MsgBox Err.Description
    Resume Exit_cmdReport_Click

End Sub



Perhatikan soucre code yang diblok dengan warna biru, nama report yang akan ditampilkan sesuai dengan view report parameternya. Gambar dibawah ini adalah contoh soucre code.

Langkah ketiga belas : Proses pengkoneksian tabel query nilai permata pelajaran ke Combo box yang berada pada form view report parameter. Perhatikan gambar dinawah yang ditandai dengan huruf.
Penjelasan huruf g : Query yang sumber datanya diambil daro tabel nilai permata pelajaran.
Penjelasan huruf h : Tabel nilai permata pelajaran.
Penjelasan huruf o : Kolom field properties sumber datanya diambil dari tabel nilai permata pelajaran dan kalimat pada kolom yang ditandai kotak hitam, perintah untuk mengambil data berdasarkan perprogram studinya. Inilah isi kalimatnya :  >=[forms]![ReportsIND]![txtDateFrom] And <=[forms]![ReportsIND]![txtDateTo]
Langkah keempat belas : Selanjutnya proses pembuatan form jumlah total perbidang atudinya, Perhatikan gambar dibawah ini yang ditandai angka.
Penjelasan angka 1 : Tabel yang berisikan jumlah untuk perbidang studinya.
Penjelasan angka 2 : Texs box yang nantinya bisa disesuaikan dengan jumlaj total perbidang studinya.
Penjelasan angka 3 : Propertise sheet yang dihubungkan ke tabel jumlah permata pelajaran.
Langkah kelima belas : View report/laporan yang terkoneksi ke tabel nilai permata pelajarannya.

Langkah keenam belas : Tahap selanjutnya mengisikan prosedure untuk setiap tombol proses nilai permata pelajaran, dimana database/aplikasi ini menggunakan macro.

Langkah ketujuh belas : Gambar dibawah Ini sebagai contoh prosedure untuk tombol aksi pada menu utama proses nilai, tinggal disesuaikan untuk tombol fungsinya sesuai dengan bidang studinya.
"Salam Hangat Wong Ndeso"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara kirim Whatsaap kebanyak nomor

Perkembang era digital yang kian hari semakin menjadi-jadi, pengguna sosmed (sosial media) Facebook, Instagram, tik tok , whatsaa, telegram dan seterusnya.... Kali ini saya membagikan cara mengirim pesan whatsaap kenomor banyak tanpa menyimpan nomor ponsel tersebut dan tentu aplikasi ini gratis . Peralatan yang harus anda sediakan 1 buah hp android yang sudah terinstal app whatsaap & Pc/laptop yang sudah teinstal windows + Microsoft office. Download Aplikasi ke situs resmi : kirimpesan.net Setelah sudah terdownload exstrak filenya lalu buka langsung aplikasinya.    Inilah tampilan awal aplikasi dibuka, Untuk bisa menggunakan aplikasinya nomor anda harus didaftarkan dan pastikan nomor ponsel tersebut sudah bisa login pada whatsaap yang diponsel, cara daftarnya oun sangat mudah tinggal tekan tombol daftar masukkan nomor hp pada kolom yang disediakan whatsaap blast. Tunggu sebentar nanti password akan dikirimkan ke whatsaap. Jika sudah mendapatkan password tinggal login menggunakan n

Contoh Design Kreatif

 Nah, contoh flayer kali ini kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi design keren terbaik yang dapat kamu jadikan referensi saat menciptakan karya sesuai dengan tema yang dipilih secara tidak sengaja,  Saat mata melihat kesan mewah dan eksklusif ala promosi iklan papan atas dapat dengan jika memakai font desain yang aneh, menjadi pilihan font dengan visual menjadi mentereng serta punya fitur high-end yang terlihat kuat di setiap karakternya. Memilih Font opsi yang tepat buat kamu yang ingin menciptakan desain yang kreatif.  Semoga rekomendasi desain di atas bisa jadi tambahan referensimu,  Jika ada yang membutuhkan file corel draw isikan alamat email pada kolom komentar file dikirim jika kuota memadai, terimakasih

Design Keren Banget

 Didesain langsung oleh seorang yang secara ugal-ugalan, Non-Format, sehingga menghadirkan nuansa dualitas yang terlihat berkarakter sebagai hasil dari padu-padan antara garis yang lembut dengan blok warna yang kuat. dengan warna yang asal jadi saja, ##001 Design Basing bae sing penting Jadi. Kesan mewah dan eksklusif ala promosi iklan papan atas, terlihat kuat di setiap karakternya. Penggunaan Font yang dipakai juga  merupakan opsi yang tepat buat kamu yang ingin menciptakan desain di bidang apa saja yang kreatif. ##001 Design Acak kadul warna merona Semoga rekomendasi desain di atas bisa jadi tambahan referensimu, Jika ada yang membutuhkan file Corel draw yang bisa anda edit cukup isikan pada kolom komentar dengan menuliskan alat email file akan dikirim jika kuota data memadai terimakasih.